Cara Membuat Blog Bagi Pemula #4 (Proses Index ke Google)







Dikesempatan kali ini saya mencoba melanjutkan materi yang sebelumnya saya sampaikan, yakni melanjutkan Cara Membuat Blog Bagi Pemula #3 disitu sudah kami jelaskan mengenai cara menggani template, edit favicon, dan membuat halaman baru di blog. Lalu di postingan ini kami akan menjelaskan materi tentang blogging lagi di tahap 4 ini yang kami rangkum dalam Cara Membuat Blog Bagi Pemula #4,

Apa saja yang akan kita pelajari di tahap 4 ini? yaitu

-Mendaftar Google Webmaster
-Carwl URL Blog
-Membuat Peta Situs/Sitemaps

Dalam materi kita kali ini, ialah  meng-index kan postingan dan blog teman teman ke google atau mesin pencarian google, agar nantinya jika orang lain mencari artikel tentang blog teman teman, google akan memunculkan blog teman teman di hasil pencarian orang lain tersebut,

Apa yang terjadi jika kita tidak melakukan proses index ke google?

Maka kemungkinan besar, google tidak akan memunculkan blog teman teman ke dalam mesin penelusurnya, sebagai contoh, teman teman akan mencari keyword di mesin pencari google nama blog teman teman, jika teman teman tidak melakukkan index ke google maka teman teman tidak akan menemukan nama atau blog teman teman di mesin penelusur tersebut.

Yak mungkin langsung saja kita mulai pembahasan kita kali ini mulai dari:

1.Mendaftar Google Webmaster

Ini berguna untuk nanti dalam meng-carwl url posting blog teman teman dan juga melakukan uji Peta Situs Blog teman teman, Bagaimana cara Mendaftarnya.

Untuk saat ini, kami belum membuat tutorial untuk mendaftar blog ke webmasters, karena prosesnya sangatlah panjang, untuk mempersingkat, silakan teman teman mencari di google, klik Cara Mendaftar Google Webmasters . Jika sudah selesai mendaftar google Webmasters, silakan simak materi 2, yaitu


2.Carwl URL Blog 

Jika teman teman sudah mendaftar Google Webmasters dan berhasil masuk, maka pilih Add a Property dan masukkan Url Blog teman teman.


Lalu pilih atau tekan Add blog teman teman di menu Webmaster tersebut. Lalu dalam menu sebelah kiri, Pilih menu Carwl(Perayapan) lalu Fetch as Google(Sebagai Google),  Lalu masukkan Url tiap postingan di blog teman teman, tetapi cukup masukkan dari tahun postingan saja, contoh 2017/11/postingan-pertama.html
Lalu pilih Fecth And Render
Agar lebih jelas lihat gambar dibawah...


Jika sudah, maka tunggu saja, google juga butuh waktu untuk melakkukan proses index ke blog teman teman. Selanjutnya ialah..


3.Menambahkan Peta Situs/Sitemaps

Ini juga berfungsi untuk index ke google, caranya ialah dengan memilih Menu Crawl seperti tadi lalu pilih, Sitemaps Jika sudah masuk maka masukkan code ini satu persatu..




atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 

feeds/posts/default 

feeds/posts/default?alt=rss  

sitemap.xml 

atom.xml


Caranya memasukkan code diatas ialah dengan memilih menu ADD/TEST SITEMAP
agar lebih jelas lihat gambar dibawah...


Lalu klik Submit 



Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini, jika teman teman kurang paham atau kesulitan dalam memahami proses ini, teman teman bisa tanyakan pada kotak komentar dibawah postingan ini.

Jangan lupa untuk selalu update dan share ke teman teman lainnya yang membutuhkan.


Baca Juga:






Semoga Bermanfaat 

Artikel Terkait

Cara Membuat Blog Bagi Pemula #4 (Proses Index ke Google)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

November 7, 2018 at 9:32 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar