Cara Membuat Blog Bagi Pemula #3 (Edit Tema, Edit Favicon, Edit Halaman Blog)



Dikesempatan kali ini kami akan membahas tentang blogging lagi, yang sebelumnya kami membahas tahap 2, Cara Membuat Blog Bagi Pemula #2, kali ini kami akan membahas tahap 3 nya, yaitu Cara Membuat Blog Bagi Pemula #3, Sebelumnya kami telah memberikan materi tentang bagaimana cara untuk  memasukkan gambar, link pada postingan dan memberi efek Bold Italic dan Underline, 

Dan kali ini kami akan memberikan materi yang selanjutnya yang wajib di ketahui blogger, yaitu

-Memperindah tampilan Tema/Template
-Mengedit Tata Letak(Favicon)
-Menambahkan Halaman di blog

Tiga itu yang akan kita bahas di tutorial kita kali ini, Ini akan menjadi tutorial yang panjang, jadi teman teman jangan malas membaca ataupun meloncati materi yang kali ini kita berikan..

1.Edit Template

Langkah pertama teman teman harus mempunyai file xml template blog, teman teman bisa membuat sendiri atau baiknya untuk mencari referensi di google, bisa dengan mencari kata kunci Template blog responsive atau dengan yang semacamnya.

Kali ini sebagai contoh, kita kali ini menggunakan Template Seohub. Lalu extract terlebih dahulu filenya agar kita dapat mengambil dan menggunakan file berformat xml nya.

Langsung saja, kita menggunakan blog yang baru kemarin, kita akan mengubah templatenya.

Bagaimana caranya?

Dengan masuk Menu Tema/Template diblogger teman teman, lalu pilih Backup/Pulihkan dibagian pojok atas kanan. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah


Jika sudah masuk menu backup, langsung saja memilih file xmlnya, dengan mengklik Choose File.

Jika sudah, maka klik Upload. Maka secara otomatis template diblog teman teman akan berubah menjadi template Seohub tadi. Untuk lebih jelas, lihat gambar dibawah.





2.Edit Favicon

Untuk mengedit favicon atau merubahnya, syaratnya ialah gambar harus berukuran dibawah 100 kb, dan bentuk dari calon favicon harus berbentuk persegi atau lingkaran.

Baik langsung saja, caranya dengan masuk dimenu Tata Letak, lalu pilih edit favicon. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah




Contoh disini kita akan merubah favicon dengan gambar garuda, setelah mengklik Edit lalu pilih filenya lalu Simpan favicon seperti cara tadi.

Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah..



Jika teman teman sudah mengklik Simpan, maka secara otomatis Favicon akan tersimpan dan berubah menjadi garuda.


3.Menambahkan Halaman di Blog

Untuk menambahkan halaman di blog, sebenarnya hanya mudah saja, dengan masuk dimenu Halaman Blogger, lalu pilih saja Halaman baru, jika sudah masuk, maka langsung saja masukkan Judul dan Isi Halaman yang akan teman teman buat.

Misal disini, kita akan menambahkan Halaman About Me, berarti isinya ialah seputar pribadi dan profil teman teman.

Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah.

Pilih Halaman Baru



Lalu masukkan Judul dan Isi halaman yang akan teman teman buat, misal di sini tadi kita akan membuat Laman About Me


Jika sudah maka klik Publikasikan, maka halaman blog anda secara otomatis sudah berhasil di upload.

Untuk melihat perubahan diblog teman teman, silakan pilih lihat blog, dibagian pojok kiri atas, untuk melihat perubahannya.

Untuk sementara seperti ini tamplilan di blog baru kita,



Jika kurang puas, teman teman bisa mengedit sendiri tataletak dan templatenya, setidaknya setelah melihat postingan ini, teman teman mempunyai gambaran bagaimana untuk mengedit tata letak dan template yang lebih bagus lagi.

Mungkin cukup sekian untuk pembahasan ditahap 3 ini, semoga teman teman dapat lebih jelas mengenai blogging, dan bila teman teman kesulitan dalam memahami isi blog ini, teman teman bisa komen di bawah.

Dan jangan lupa untuk selalu update blog ini, dan  untuk share ke teman lainnya yang membutuhkan

Baca Juga:






Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait

Cara Membuat Blog Bagi Pemula #3 (Edit Tema, Edit Favicon, Edit Halaman Blog)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

November 7, 2018 at 9:33 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar