Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot


Berbicara mengenai laptop yang lambat pasti kalian pernah mengalaminya, terutama bagi anda yang memiliki laptop dengan usia yang cukup tua, laptop yang lama atau terdapat banyak virus akan terganggu kinerjanya baik itu kinerja RAM, harddisk, maupun processor, laptop yang lambat tentu sangat tidak mengasyikkan, karena dalam beberapa kondisi kita diharuskan untuk menunggu beberapa saat agar laptop kita kembali lancar dan berjalan dengan baik.


Dengan kinerja laptop yang baik maka disaat kita sedang mengerjakan suatu tugas, bermain game, atau membuat program pasti tidak akan terasa lambat, berbeda halnya dengan laptop dengan kondisi yang buruk, tentu saja tugas yang semisalnya dapat selesai dengan waktu yang singkat akan menjadi sangat lama karena kendala dari laptop kita sendiri.

Oleh karena itu, kita sebagai pemilik diwajibkan untuk merawat kondisi laptop ataupun komputer kita, karena setelah kita merasakan akibat dari kelalaian sendiri pasti kita akan merasa kesal, laptop lemot, not responding, cursor macet-macet, bahkan force close saat membuka suatu program.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit info tentang Cara ampuh mengatasi laptop lemot, bagi kalian yang belum tahu atau baru sedikit mengerti, silahkan simak penjelasan saya berikut ini.

1. Defrag Harddisk Anda Dengan Teratur

Cara yang pertama adalah mendefrag atau scan harddisk, dengan cara ini kita dapat mengetahui berapa banyak sector dalam harddisk kita yang sudah rusak atau hampir rusak, namun perlu diketahui anda harus rajin-rajin untuk mendefrag harddisk karena jika anda telalu lama tidak mendefrag harddisk anda maka sector-sector dalam harddisk akan rusak atau biasanya dinamakan dengan Bad Sector, jika hardsik anda terkena penyakit Harddisk Bad Sector, mungkin laptop anda akan terkena masalah besar ataupun ringan. 

Setidaknya anda perlu mendefrag harddisk paling tidak seminggu sekali agar harddisk yang kita miliki tidak memiliki Bad Sector, salah satu software yang pernah saya pakai untuk mendefrag harddisk saya yaitu IObit Smartdefrag, dengan software ini anda bisa memindai harddisk anda dan di dalam software ini terdapat fitur automatic disk defrag, jadi anda bisa menjadwalkan kapan laptop akan di defrag sehingga kalian tidak perlu repot-repot untuk membukanya.


2. Pasang Antivirus Pada Laptop

Cara yang kedua ini bisa dibilang cukup penting karena dengan adanya antivirus laptop kita berkemungkinan kecil untuk dimasuki oleh malware atau virus yang berbahaya,

Namun ada orang yang bilang antivirus juga dapat memperlambat laptop karena aplikasinya akan tetap berjalan selagi kita meng-aktifkannya, tapi disisi lain jika laptop kita terkena virus maka kemungkinan besar laptop akan menjadi lebih buruk performanya, 

Sebelum mengetahui cara ini laptop saya tidak pernah terpasang antivirus, awalnya memang berjalan lancar tapi setelah beberapa bulan laptop saya menjadi sangan lambat dikarenakan terdapat virus yang bersarang didalam System laptop saya sehingga saya harus meng-install ulang laptop agar virus tersebut hilang, karena antivirus tidak dapat memindai dan mengeksekusi virus tersebut, antivirus yang menurut saya bagus adalah Advanced System Care dikarenakan dapat mengoptimalkan kinerja laptop hingga 300% lebih baik.

3. Menghapus berkas yang tidak diperlukan/junkfile dalam laptop

Junkfile atau bisa disebut dengan berkas sampah dapat mengakibatkan laptop menjadi lambat, file yang tersisa dari aplikasi-aplikasi yang kita hapus namun tidak sepenuhnya hilang, cache browser yang menumpuk juga termasuk kedalam kategori junkfile, kita harus menghapusnya dengan CCleaner, karena berkas-berkas lama dan cache yang menumpuk berada dalam Local Disk C atau system. 

Jika Disk C kapasitasnya terkurangi karena adanya junkfile akibatnya laptop akan menjadi lambat. Oleh sebab itu, kita harus menghapus cache ataupun temporary file agar kapasitas yang ada dalam Disk C tidak penuh.

4. Jangan biarkan banyak program berjalan di startup

Jangan membiarkan banyak program berjalan di startup, karena semakin banyak program yang berjalan maka kapasitas pada RAM menjadi sedikit, 

Bayangkan saja jika anda mempunyai banyak sekali aplikasi yang sebenarnya tidak begitu tergunakan dan RAM yang seharusnya digunakan untuk hal yang lebih penting malah tergantikan oleh program-program yang jarang atau tidak pernah digunakan, maka RAM yang ada dalam laptop kita akan terpakai dengan sia-sia bukan?

Jadi sebaiknya kalian menghapus atau disable program dari msconfig dengan cara :
1. Tekan tombol Windows+R
2. Ketik "msconfig" lalu tekan enter
3. Klik pada tab startup
4. Pilih program yang ingin anda disable.

Namun jika anda pengguna windows 8 dan 10 anda bisa melakukannya lewat task manager dengan cara :
1. Klik kanan pada taskbar lalu pilih task manager
2. Pilih tab startup
3. Klik kanan pada program yang ingin anda disable

Ingat jangan memblokir program bawaan dari system karena jika kalian memblokirnya kemungkinan laptop anda akan terkena masalah.

5. Langkah terakhir adalah Install Ulang

Solusi terakhir adalah menginstall ulang operating system pada laptop kita, dalam kasus ini biasanya laptop sudah terjangkit virus yang tidak bisa dideteksi oleh antivirus sehingga kita harus menginstall ulang laptop jika ingin virus tersebut hilang.

Perlu diketahui jika kita ingin menginstall ulang laptop kita harus menyiapkan driver untuk seri laptop kita karena setelah menginstall ulang laptop isi dari Disk C akan hilang dan tergantikan oleh file system daru operating system yang baru. 

Rata-rata kalau anda membeli laptop baru sudah ada CD yang isinya driver untuk laptop anda, tapi jika CD tersebut tidak ada atau hilang anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu di beberapa situs.
Jika anda menginstall ulang laptop anda memerlukan beberapa software dan alat, saya menggunakan flash disk berukuran minimal 3GB, rufus sebagai program untuk mengeksekusi CD-Windows agar menjadi bootable.

Oke teman-teman, sekian sedikit penjelasan dari saya tentang cara ampuh mengatasi laptop lemot, jika kalian pikir artikel ini berguna dan menambah wawasan bagi kalian tidak ada salahnya jika kalian share artikel ini sehingga kita mendapatkan suatu kebaikan karena membagikan sesuatu yang bermanfaat, apabila kalian mengetahui kesalahan yang tedapat pada artikel ini mohon dikoreksi pada kolom komentar di bawah ya ^_^.


Akhir kalimat, mohon maaf bila ada salah dan kurangnya karena saya hanya manusia biasa, sampai jumpa kembali dalam postingan berikutnya, sekian terimakasih

Artikel Terkait

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email